Bersenyawa bersama Musikimia di Universitas Indonesia

MUSIKIMIA Bersenyawa di UI

Depok, 21 Maret 2013

Mungkin ketika pertama kali mendengar kabar Musikimia akan tampil di sebuah acara kampus, ada yang bertanya-tanya “Kenapa Kampus?”. Seperti yang kita ketahui, Musikimia berusaha mengusung musik yang mengetengahkan tema cinta tanah air. Meski tidak di semua lagunnya, namun beberapa lagu mereka seperti “Ini Dadaku” dan “Merdeka Sampi Mati” cukup mewakili. Kenapa Kampus? Musikimia berharap di lingkungan kampus dapat membantu menyemangati teman-teman mahasiswa untuk terus berkarya untuk Indonesia. “Kami berharap dapat memberikan inspirasi dan menularkan semangat berkarya kepada mahasiswa.”.

Acara yang dimulai pukul 3 sore ini, dimulai dengan penampilan band pembuka DR.KA dan Robo Go Boogie.  Musikimia sendiri tampil sekitar pukul 4 sore, dengan memuaskan para Senyawa yang sudah banyak menunggu mereka dari siang dengan membawan lagu : Ini Dadaku, Kolam Susu, Merdeka Sampai Mati, Rolling In The Deep, dan single hits mereka Apakah Harus Seperti ini. Hentakan musik dari lagu pertama sampai ke-empat, mampu menghangatkan suasana Auditorium Fakultas Ekonomi UI yang dijadikan tempat berlangsungnya acara. Tidak hanya mahasiswa, dosen dan pegawai kampus UI, namun banyak juga Senyawa yang khusus datang (bahkan ada yang dari Mojokerto) untuk menyaksikan penampilan Musikimia. Tidak hanya memainkan musik, mereka juga memberi kesempatan untuk berbincang bersama. Siapa saja boleh mengajukan pertanyaan.

Dengan tampilnya Musikimia di Kampus, merupakan salah satu cara untuk bisa memainkan musik secara jujur dengan tampil secara Live. Dalam kesempatan tersebut Fadly mengatakan bahwa mereka tidak pilih-pilih buat tampil, tidak meilhat kasta, yang penting Live. Kebanyakan acara musik tidak memberikan kesempatan untuk tampil sevara Live. Sependapat dengan Fadly, yoyo mengatakan bahwa pada intinya Musikimia ingin bermusik jujur. Begitupun dengan Rindra, sependapat dengan teman-temannya, Rindra mengatakan bahwa tampil live itu adalah pembelajaran, apalagi untuk band baru, mereka perlu pengalaman untuk tampil secara Live. Namun mereka menambahkan, bahwa masing-masing pasti punya pendapat yang berbeda, setiap band punya hak untuk memilih.

Setelah lima lagu berakhir, ternyata Senyawa tidak ingin beranjak dari tempat duduknya dan malah meminta Musikimia untuk tampil membawakan tambahan lagu sebagai bonus. Setelah tawar menawar judul lagu apa yang akan mereka bawakan, karena banyak sekali yang request, akhirnya dipilihlah sebuah lagu penutup dari legenda musik Indonesia yaitu Alm.Benyamin S yang berjudul “Begini Begitu”. Mereka membawakan lagu tersebut bukan tanpa alasan, selain mengusung lagu yang bertema semangat cinta tanah air, Musikimia juga meng-cover lagu-lagu dari musisi legenda Indonesia jaman dulu yang menurut mereka adalah Pahlawan. Lagu mereka luar biasa, warisan budaya, dan patut diabadikan. Agar tidak terputus dengan generasi di jaman sekarang, Musikimia kembali membawakan lagu-lagu lama tersebut untuk diperkenalkan kembali di saat sekarang.

image & words by: @Jul2julia